Percayalah Hidup Berawal Dari Mimpi

Mengamati Penguin Yang Mampu Bertahan Dari Dingin Ekstrim

Share on :
Mengamati Penguin Yang Mampu Bertahan Dari Dingin Ekstrim: "
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGDxTLkLQOKci_ouOJMzfBIwEtO6en697m-8RACWeH5WmAOuta2kW1lJwOw3zK8Aff7jg9DCBUgxmSWqN_q_I86y7ET8jRi_klLEOmSx34Gu1P_rR4vFNWRj1OsntVVQQe__mvqB0VANw/s1600/penguin.jpg

Penguin,
hewan akuatik jenis burung yang tidak bisa terbang ini, mengalami evolusi pada alat yang berguna untuk mempertahankan kehangatan tubuh mereka. Hal ini diperkirakan oleh para ilmuwan.



http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/be/Pygoscelis_papua.jpg/250px-Pygoscelis_papua.jpg

Kuncinya ialah 'adaptasi', sehingga penguin dapat bertahan hidup di udara dingin di kutub selatan yang terletak pada jaringan pembuluh darah yang ada di bahu yang membatasi hilangnya panas lewat sayap lucu mereka.


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/69/Manchot_01.jpg/225px-Manchot_01.jpg


Darah yang mengalir dari sayap ke tubuh, akan melewati aliran darah dari tubuh ke sayap. Hasilnya, darah dingin yang mengalir dari sayap, akan dihangatkan oleh darah hangat dari tubuh ke sayap. Dengan demikian, kondisi hangat tetap dipertahankan.


http://rachelboswell.files.wordpress.com/2009/11/jackass-penguin.jpg


Hal ini sangat berbeda dengan Singa laut dan Anjing laut yang mengandalkan isolasi lemak yang dinamakan blubber di bawah kulit mereka, dalam bertahan di dalam kondisi yang sama.



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggsp3p88Se3xALyEZme9iv-dP1FP_Y0y766aDMVO7UNc0E3sVofB_kWIajcg0JCL7bwsyOG7ezGEo-OqZusu7dO_VS90yFKzpJ2PGUQGnxo-vO2b5-et2AlfALM38VOicOlQOPDbKlFWI/s1600/cute-baby-penguin5.jpg


Untuk mengetahui evolusi penguin, para peneliti di University of Cape Town di Afrika Selatan, meneliti 7 penguin modern dan 19 fosil penguin. Pada spesies modern, jaringan pembuluh darah yang berfungsi untuk menghangatkan terletak di belakang lekukan tulang lengan atas yang disebut humerus.


http://images.paraorkut.com/img/pics/images/p/penguin_family-12135.jpg


Para peneliti dikejutkan dengan fakta, kalau jaringan serupa mulai berkembang paling tidak 49 juta tahun silam. Ketika Bumi berada pada fasa efek rumah kaca akibat gas semburan gunung api ke atmosfer.


http://gomersasquatch.files.wordpress.com/2011/01/penguin-assault.jpg


'Kami menghubungkan alat penahan panas penguin dengan pendinginan global yang terjadi sekitar 34 juta tahun yang lalu,' kata Daniel Thomas, paleontolog dari University of cape Town, kepada LiveScience.


http://icestories.exploratorium.edu/dispatches/wp-content/uploads/2008/01/macaroni-penguin.jpg


Penguin pertama yang diperkirakan memiliki jaringan penghangat tersebut, hidup di Gondwana, sebuah benua yang sekarang telah punah dan kini dikenal dengan nama Seymour Island. Saat itu, suhu di sana sekitar 15 derajat Celcius. Bandingkan dengan suhu sekarang yang mencapai 1 derajat Celcius.


http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRIcryH00-63LG8wPkcSnktHWYdfyYAJLKh017XTtBVIxeegqh_xQ


Thomas dan timnya memperkirakan, jaringan penghangat pertama kali berevolusi agar penguin dapat menghemat energi ketika harus menjelajah air dingin dalam waktu yang panjang.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh94dBRYLwvnEiB2ZjKutlfDmDNOi1s1jPKgiPa0lgwVkhw0Hx6zmY3H2-Tbbah96ITvF8Lf8izLxfTdpn3IEPSle6HSe9tKvEWpoFrFrNKgj54SBpuUjtCrYhJHhZLwhOPg8vsuUSoyGk/s1600/flying-penguins_1466850i.jpg


Evolusi itu diikuti dengan perubahan struktur tulang yang membuat penguin lebih mudah mengapung dan lebih cepat melaju. Ketika udara semakin dingin, jaringan itu berevolusi, sehingga penguin bisa masuk ke dalam lapisan es di Antartika.



http://www.wolcotthenry.com/sharks/images/penguin_diving.jpg


Penguin sudah hidup di belahan Bumi selatan selama 40-an juta tahun. 'Itu karena kemampuan mereka bertahan dalam suhu yang sangat rendah,' kata Thomas. (',)v




Sumber : Wikipedia©, tongberisi.net, berbagai sumber lainnya
"

0 komentar on Mengamati Penguin Yang Mampu Bertahan Dari Dingin Ekstrim :

Post a Comment and Don't Spam!

Flag Counter

free counters