Percayalah Hidup Berawal Dari Mimpi

Ikan Robot Yang Berfungsi Sebagai Pendeteksi Polusi Air

Share on :
Ikan Robot Yang Berfungsi Sebagai Pendeteksi Polusi Air: "
http://www.ekoyuliandri.com/wp-content/uploads/2010/04/fishdlm.jpg

Ikan ini bukan sembarang ikan. Ikan ini merupakan sebuah robot yang berfungsi sebagai pendeteksi polusi yang ada di dalam air. Ide kreatif pembuatan ikan robot ini, dilakukan oleh para tim peneliti dari Inggris.



http://static.howstuffworks.com/gif/robot-fish-pollution-2.jpg


Ikan robot ini merupakan robot yang pertama dan masih dalam tahap uji. Untuk tahap awal, robot ini akan dilepaskan di wilayah laut Utara Spanyol, tepatnya di pelabuhan Gijon, Spanyol.


http://www.ekoyuliandri.com/wp-content/uploads/2010/04/robot-ikan.jpg


Jika penelitian ini sukses, ikan robot yang memakan biaya US$ 29.000 (atau sekitar 330 juta rupiah) dalam pembuatannya, diharapkan dapat digunakan di beberapa perairan lain, seperti laut, sungai, dan danau, untuk mendeteksi polusi atau keberadaan polutan yang ada di perairan tersebut.


http://confrontaal.org/wordpress/wp-content/uploads/2009/03/robot-fish-425x281.jpg


Ikan robot ini dibuat sebisa mungkin mirip dengan ikan nyata, yang dilengkapi dengan ekspresi dan pergerakan layaknya ikan nyata. Pada ikan ini telah dilengkapi dengan sensor yang mampu mendeteksi keberadaan polutan, misalnya seperti kebocoran pipa minyak di bawah laut.


http://static.howstuffworks.com/gif/robot-fish-pollution-1.jpg


Bila robot ini mendeteksi sesuatu yang berbahaya, selanjutnya robot ini akan mengirimkan tanda dengan menggunakan teknologi Wi-Fi. Uniknya lagi, robot yang memiliki panjang 1,5 meter ini, mampu bergerak secara independen tanpa menggunakan remote yang dikontrol oleh manusia.


Jadi, bagi yang punya hobby memancing ikan, jangan kaget kalau tiba-tiba disaat memancing, yang kepancing bukan ikan sungguhan, melainkan seekor ikan robot. (',)v




Sumber : gustimaulanaarif.wordpress.com, berbagai sumber lainnya
"

0 komentar on Ikan Robot Yang Berfungsi Sebagai Pendeteksi Polusi Air :

Post a Comment and Don't Spam!

Flag Counter

free counters