Percayalah Hidup Berawal Dari Mimpi

Obat Asma Steroid Lemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Share on :
Obat Asma Steroid Lemahkan Sistem Kekebalan Tubuh: "
http://basenorte.com/wp-content/uploads/2008/07/asma.jpg

Studi yang dilakukan oleh Université de Montréal dan terbit dalam Pediatric Allergy menyatakan, bahwa pengobatan asma dengan steroid lewat mulut pada anak-anak, ternyata melemahkan sistem kekebalan tubuh.


'Tidak diragukan, steroid, tepatnya corticosteroid, merupakan penanganan paling efektif bagi penderita asma, baik sedang maupun akut,' kata peneliti dan Professor Francine Ducharme.

Tapi Ducharme meminta orang tua dan tim paramedis menyadari efek sampingnya. Menurutnya, pengobatan steroid pada anak-anak penderita asma, mungkin berdampak kepada sistem kekebalan tubuh mereka.

Ducharme serta rekan-rekannya secara berkala mengevaluasi respons sistem kekebalan tubuh anak-anak usia 3 sampai 17 tahun, yang dibawa ke unit gawat darurat dengan serangan asma.

Meski termasuk jarang, ada sejumlah kasus melaporkan anak yang telah diobati dengan steroid selama beberapa kali, memiliki kekebalan lebih rendah dibandingkan anak biasa yang tidak menjalani pengobatan.

'Intinya, penelitian kami menemukan, mendeteksi suatu tekanan yang ringan dan sementara terhadap imunitas (kekebalan) terjadi untuk sebagian anak, ketika pada saat bersamaan sedang diobati steroid selama serangan asma,' ringkas Ducharme. (',)v




Sumber : nationalgeographic.co.id, berbagai sumber lainnya
"

0 komentar on Obat Asma Steroid Lemahkan Sistem Kekebalan Tubuh :

Post a Comment and Don't Spam!

Flag Counter

free counters