Percayalah Hidup Berawal Dari Mimpi

"Uroplatus Phantasticus" Tokek Setan Ekor Daun Yang Ahli Menyamar

Share on :
"Uroplatus Phantasticus" Tokek Setan Ekor Daun Yang Ahli Menyamar:

Dari namanya saja sudah membuat bulu kuduk merinding, Tokek Setan Ekor Daun. Menyeramkan memang, dan julukan "Setan" pada spesies satu inipun sebenarnya beralasan, tengok saja tampangnya. Dengan seluruh tubuh berwarna gelap dan mata yang membesar, tampaknya julukan itu tak berlebihan tentunya.




Pada objek photo diatas, sepintas memang terlihat seperti sehelai daun dan seekor kadal. Daun yang berbentuk kadal itu sebenarnya memang seekor kadal. Sedangkan yang benar-benar daun adalah objek kedua yang dibawahnya.

Tapi jangan salah, hewan ini sesungguhnya bukanlah kadal, namanya ialah "Satanic leaf tailed Gecko" atau "Tokek setan ekor daun". Dan nama ilmiahnya adalah Uroplatus phantasticus.

Tokek setan ini memiliki keahlian menyamar. Sangking ahlinya dalam hal penyamaran, ia mampu mengubah warna tubuhnya, sehingga bisa mirip sekali dengan warna daun yang ada di dekatnya.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, ia bisa merubah pola tubuhnya seperti pola yang ada pada daun. Bukan hanya mampu mengubah warna tubuhnya menjadi coklat, mereka juga mampu mengubah warna tubuhnya menjadi abu-abu, kuning, hijau, oranye dan merah jambu.

Tokek setan ini bisa mencapai panjang hingga 9 cm. Habitat utamanya berada di wilayah Afrika tengah dan timur. Mereka bereproduksi dengan bertelur dan umumnya sekali bereproduksi mereka menghasilkan dua telur yang menetas setelah 60-70 hari.

Spesies ini sempat terungkap sejak tahun 1888. Namun, para peneliti baru dapat menemukannya kembali di Madagascar pada 1998. Dan photo yang mengagumkan di atas tersebut diambil dari taman nasional Andasibe Mantadia, Madagaskar.




Tokek setan ekor daun memperoleh nama uniknya, karena mereka terlihat seperti memiliki tanduk. Dan pada beberapa spesimen yang ditemukan, mereka memiliki mata berwarna merah.

Tokek setan ini adalah salah satu hewan unik dari Madagaskar yang merupakan spesies terkecil dari 12 spesies bertampang aneh yang lainnya. Dengan buntut mirip daun dan wajah seramnya, tokek ini paling jago berkamuflase.

Sementara, ketika mereka merapatkan badan mereka ke batang pohon dan tertidur dengan kepala menghadap ke bawah, tubuh mereka akan dengan segera menyesuaikan warna disekitarnya.

Spesies ini memiliki gigi yang lebih banyak dari spesies serupa lainnya. Umumnya hewan ini tidak aktif pada siang hari dan hanya bergerak ketika merasa terganggu. Pada malam hari, mereka melakukan aktifitasnya dengan berburu serangga untuk santapannya.

Para penduduk lokal Madagaskar sangat takut dengan hewan satu ini dan menyebut makhluk ini dengan sebutan setan. Konon katanya, apabila mereka diganggu, seekor tokek yang lebih besar akan berdiri, membuka mulutnya dan mengeluarkan suara desisan yang sangat keras.

Spesies ini dapat ditemukan di hutan yang belum terambah, sehingga populasi mereka sangat sensitif terhadap gangguan lingkungannya.

Pada 2004, WWF memasukkan tokek ini ke dalam jajaran 'Top 10 Spesies Paling Dicari', karena menjadi objek buruan dalam perdagangan ilegal. Dalam transaksi binatang internasional, harga tokek setan ini dijual dengan harga yang sangat fantastis.

Dengan melihat keahlian hewan satu ini, tentu mengingatkan kita pada salah satu tokoh karakter di film X-Men, yaitu Mystique. Apa mungkin tokoh tersebut memang terinspirasi dari hewan ini? Who knows.







Sumber : republika.co.id
Balas

0 komentar on "Uroplatus Phantasticus" Tokek Setan Ekor Daun Yang Ahli Menyamar :

Post a Comment and Don't Spam!

Flag Counter

free counters