Percayalah Hidup Berawal Dari Mimpi

"Stegodyphus" Laba-laba Penyantap Induknya Sendiri

Share on :
"Stegodyphus" Laba-laba Penyantap Induknya Sendiri: "
http://carinbondar.com/wp-content/uploads/2011/01/spider4.jpg

Kawin merupakan tanda-tanda, bahwa hidup akan segera berakhir bagi kebanyakan spesies hewan, termasuk laba-laba. Dan menjadi seorang ibu, merupakan tindakan yang jauh lebih dari sekadar menjaga sarang dan memberi makan anak-anaknya, khusus bagi laba-laba spesies Stegodyphus.

Dikutip dari Life Little Mysteries, laba-laba Stegodyphus betina menempatkan kepompong telur di jaring laba-laba. Ia kemudian menjaga telur-telur itu sampai bayinya menetas.


http://biology.au.dk/fileadmin/www.biology.au.dk/images/stegodyphus_lineatus_matriphagy.jpg


Setelah menetas, sang induk laba-laba terus mencari makan. Namun sebagian besar makanan yang ia santap dimutnahkan kembali untuk menjadi santapan penuh nutrisi bagi anak-anaknya saat mereka masih kecil dan tinggal di jaring laba-laba induknya.

Hal ini dilakukan oleh induk laba-laba, hingga anaknya berusia sekitar satu bulan. Setelah sebulan berlalu, induk laba-laba kemudian akan berbaring terlentang. Tujuannya, agar anak-anak laba-laba bisa memanjat tubuhnya lalu membunuhnya.


http://www.martin.chaerilus.co.uk/photogallery/Originals/true%20spider/Stegodyphus%20sarasinorum.JPG


Anak-anak laba-laba itu kemudian memanjat tubuh induknya, lalu membunuhnya. Caranya, yaitu mereka menyuntikkan racun dan enzim pencernaan ke tubuh sang ibu, kemudian mereka memakannya.

Setelah mereka menyantap induknya, para anak-anak ini lalu berpaling ke sesamanya untuk saling memakan. Mereka memakan sebanyak mungkin saudara mereka, sebelum meninggalkan jaring laba-laba milik almarhum ibunya itu. (',)v




Sumber : apakabardunia.com, berbagai sumber lainnya
"

0 komentar on "Stegodyphus" Laba-laba Penyantap Induknya Sendiri :

Post a Comment and Don't Spam!

Flag Counter

free counters