Percayalah Hidup Berawal Dari Mimpi

Air Masuk Kuping Jangan Disepelekan

Share on :
Air Masuk Kuping Jangan Disepelekan: "
http://images.detik.com/content/2011/03/19/763/renang-ts-dlm.jpg

Ketika berenang, kejadian air masuk ke kuping seringkali terjadi. Jangan disepelekan kejadian itu, karena jika dibiarkan begitu saja, akan beresiko infeksi.


Air yang masuk ke kuping dan tidak dibersihkan, bisa menyebabkan masalah. Jika saluran kuping basah, maka perlindungan pada saluran kuping akan hilang dan beresiko mengalami infeksi.

Kuping mengandung zat lilin yang berfungsi untuk menjaga kelembaban agar bakteri baik dapat berkembangbiak pada lapisan kulit di kuping. Selain itu, lapisan lilin ini juga berfungsi sebagai pelindung terhadap serangga atau benda asing yang masuk, seperti dilansir Livestrong, Sabtu (19/3/2011).

Air dan lapisan lilin ini tidak bisa bercampur. Ketika orang berenang, maka air akan masuk dan mencuci lapisan ini. Bila orang berenang untuk jangka waktu lama, maka air benar-benar bisa membersihkan lapisan ini dan membuat kuping tanpa pelindung.

Tanpa lapisan lilin ini, air dapat tetap berada di dalam saluran kuping dan membuat kulit menjadi lembab. Karena saluran kuping adalah ruang yang tertutup, air tidak menguap secara normal dan tetap berada pada saluran kuping yang lembab.

Bila air dibiarkan berlama-lama di dalam saluran kuping, hal ini akan menciptakan lingkungan yang sempurna bagi berbagai infeksi organisme, karena infeksi organisme seperti jamur dan bakteri sangat suka tempat hangat, gelap dan tempat-tempat yang basah.

Hal ini biasanya menyakitkan, terutama ketika Anda tarik bagian luar kuping. Ini juga bisa menyebabkan cairan kuning kuping menjadi busuk.

Lalu bagaimana mengeluarkan air dari kuping saat berenang?


1. Gerakkan kepala

Gerakkan kepala dari satu sisi ke sisi lain dalam gerakan goyang ke arah bahu, kembalikan kuping ke posisi normal dan gerakkan kembali pada arah yang berlawanan. Masukkan jari ke kuping untuk membuat tekanan yang cukup untuk mengeluarkan air.


2. Keringkan dengan pengering rambut

Memiringkan kepala dan mengeringkannya dengan handuk kering, juga bisa membantu air keluar. Hembusan pengering rambut yang disetel dengan panas yang rendah ke dalam kuping, juga bisa membantu mengeringkan kuping. Tes pengering rambut pada kulit terlebih dahulu, untuk memastikan panasnya tidak berlebihan.


3. Campuran larutan alkohol dan cuka

Menurut American Academy of Family Physicians, campuran larutan alkohol dan cuka putih juga membantu mengeringkan air yang tersiksa di saluran kuping. Masukkan 3-5 tetes campuran larutan ini ke dalam kuping dengan kepala dimiringkan dan biarkan selama beberapa saat. Anda akan mendengarkan suara hampa di kuping, yang berarti kuping mulai kering. (',)v




Sumber : health.detik.com
"

0 komentar on Air Masuk Kuping Jangan Disepelekan :

Post a Comment and Don't Spam!

Flag Counter

free counters